niappa

Bersiap mengarungi langit ketidakterbatasan (agar hidup tetap bergairah)

Memahami Layer pada Photoshop

with 6 comments

Pada saat kita bekerja dengan Photoshop maka tidak bisa tidak menggunakan layer. Fungsi layer begitu penting namun sering kali tidak diperhatikan keberadaannya. Sesuai dengan namanya, layer bisa diartikan sebagai pelapis atau lapisan. Kehadirannya mirip sebuah lapisan plastik yang tembus pandang (transparan), seperti plastik transparan yang sering digunakan sebagai media presentasi OHP (Over Head Projector. Beberapa presentasi dengan OHP tidak jarang menumpuk dua sampai tiga plastik transparan pada saat menunjukkan sebuah grafik. Demikian juga bila kita bekerja dengan Photoshop, maka sebuah gambar bisa terdiri dari beberapa tumpuk layer, dimana setiap layer berisi gambar dengan fungsinya masing-masing.

Sebuah layer bisa saja berisi gambar rumah, sebut saja layer rumah. Layer berikutnya berisi gambar pepohonan dan sebut dengan layer pohon. Sebuah layer lainnya berisi gambar orang yang bisa kita beri nama dengan layer orang. Pada saat ketiga layer tersebut ditumpuk maka ketiganya akan membentuk sebuah gambar rumah lengkap dengan pepohonan di sampingnya dan si pemilik rumah yang berada di teras/halaman. Selanjutnya kita bisa saja menambah layer-layer lainnya yang berisi gambar awan, matahari dan seterusnya, sehingga ketika semua layer tersebut ditumpuk maka kita bisa mendapatkan sebuah gambar rumah yang lengkap dengan lingkungannya.

kemungkinan lain, kita bisa saja menghadirkan layer warna yang mengikuti bentuk rumah tersebut. Kita bisa membuat beberapa layer warna, misalnya layer kuning, layer hijau, atau layer biru. dengan demikian kita bisa menampilkan gambar rumah tersebut dengan berbagai warna yang kita inginkan hanya dengan mengubah-ubah warna pada layer warna saja. Apabila kita tidak suka dengan gambar pohonnya, maka kita bisa mengubahnya layer pohonnya saja.

Demikianlah kita dapat menggambar, mengubah, menempelkan dan mengubah posisi elemen-elemen dalam sebuah layer tanpa mengusik layer lainnya. Setiap layer (lapisan) bebas dari hubungan dengan layer (lapisan) lainnya dalam sebuah gambar. Fungsi layer inilah yang sangat penting dalam pengerjaan sebuah proses kreatif menggunakan Photoshop. Tanpa adanya layer bisa kita bayangkan bagaimana repotnya saat kita ingin melakukan perubahan pada satu bagian gambar tanpa mengganggu bagian gambar yang lain.

Layer-layer tersebut berada dalam suatu wadah yang disebut dengan palet layer (layers palette) Secara teknis kita dapat menggunakan layers palette untuk membuat, menyembunyikan, menampilkan, menduplikasi, menyatukan, mengunci dan menghapus layer. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa kita hanya dapat mengubah isi layer yang aktif, dan hanya sebuah layer yang dapat diaktifkan. Sebuah layer akan memiliki tamnil yang terletak di samping kiri nama layer tersebut, dan tamnil tersebut akan di-update setiap kali kita mengubah isi layer-layer tersebut.

Walaupun kita tidak bisa mengaktifkan beberapa layer sekaligus, kita masih bisa mengubungkan (me-link) sebuah layer dengan layer-layer lainnya. Sehingga ketika kita memindahkan atau mengubah bentuk (transform) sebuah layer, perubahan yang terjadi juga mempengaruhi layer lainnya yang dihubungkan (di-link) dengan layer tersebut.

Ada satu layer yang sudah pasti akan selalu muncul ketika kita mengawali sebuah projek yaitu layer yang dikenal dengan nama Background Layer. Keberadaannya selalu terkunci, namun demikian kita dapat membukanya atau bahkan menjadikannya sebagai sebuah layer biasa.

Demikianlah layer dalam pandangan saya. Ada yang ingin menambahkan? Mudah-mudahan akan sangat berguna.🙂.

Written by Asmaradi, A.W.

October 31, 2007 at 1:56 pm

Posted in Desain

Tagged with , ,

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Nice artikel, tapi alangkah baiknya klo disertai keterangan gambar. Hmmm, segitu dulu deh ini kunjungan pertamaku ke blognya ente…

    ant

    February 7, 2009 at 2:59 am

  2. Saya masih bingung cara menggunakan layer untuk membuat animasi dan cara menggabungkan semua layer
    http://www.usahaku-halal.blogspot.com

    Mursyid burhan

    September 21, 2009 at 6:19 am

  3. iseng-iseng blogwalking, eh Alhamdulillah nemuin artikel bagus yg selama ini membingungkan saya tentang layer di photoshop. makasih banget mas artikelnya.

    maryan

    November 12, 2010 at 4:35 pm

  4. berguna sekali buat saya yang awam , mkasih mas ,

    abdul aziz

    March 11, 2012 at 12:04 am

  5. masih awam alias pemula menggunakan photoshop eh ada layer2 nya bikin bingung…mumet pdahal saya bljar sndri!!!yuhhhh…………..

    fee

    May 2, 2012 at 11:55 am

  6. sulitnya belajar photosop

    eva anggraeni

    August 21, 2012 at 1:43 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: