niappa

Bersiap mengarungi langit ketidakterbatasan (agar hidup tetap bergairah)

Desain Buku Hukum Pidana HaKI

with 4 comments

Sesaat setelah membaca judul bukunya entah bagaimana saya tertarik untuk membuat desain cover buku tersebut. Ada percik-percik ide yang terlintas dalam pikiran saya. Tidak ingin percikan itu hilang, segera saya menuliskan beberapa catatan dalam buku kecil saya.

Selama ini hukum identik dengan ‘hitam’ dan ‘putih’. Para penegak hukum dituntut untuk bisa bersikap tegas di setiap keputusannya, apalagi di jaman reformasi seperti sekarang ini. Penegak hukum yang ‘abu-abu’ (baca: ragu-ragu) sudah pasti akan menjadi bahan cemooh masyarakat. Tidak bisa disangkal bahwa hukum memang selalu berjalan seiring dengan ‘kegelapan’. Oleh sebab itu dalam desain, warna hitam seolah menjadi warna wajib dalam bidang hukum. Pada desain hukum dengan tema-tema tertentu yang lebih populer, warna merah bisa menjadi alternatif untuk memberikan kesan ‘berani’ atau bahkan ‘tragis.

Pada desain buku Hukum Pidana Hak atas Kekayaan Intelektual saya mecoba menawarkan suasana yang berbeda, yang jauh dari kesan gelap dan misterius. Tampil dengan konsep ‘clean design’, cover buku ini menawarkan kesan populer, bersih, dan elegan yang pas dengan isyu intelektual sebagai tema bahasan dalam buku ini. Tampilan luar buku dengan bakground warna putih saya akui memang berbeda dengan kebanyakan buku-buku hukum yang sudah ada. Hal ini bisa menjadi alasan bagi beberapa orang untuk menolak desain buku ini, terutama bagi yang terlanjur sepakat dengan pernyataan bahwa hukum adalah hitam. Untuk menjembatani hal tersebut, saya menggunakan warna merah yang rasanya bisa diterima baik oleh ‘hitam’ dan ‘putih’.

Selain pemilihan warna, beberapa elemen desain lain yang membuat buku ini tampil lebih populer dan elegan adalah pemilihan dan komposisi baik tipografi maupun ilustrasi yang tidak terlalu banyak menggunakan efek-efek komputer. Berikut ini uraian singkat tentang elemen-elemen desain tersebut.

HaKI (merah), menjadi kelebihan tampilan buku karena berpotensi menjadi ‘daya tarik pertama’ saat berada di etalase. Didukung dgn ukuran yg dominan dan warna merah yang mencolok. Manusia dgn Kepala Lampu, merupakan simbol ‘intelektualitas’ yang menjadi tema substansial dari buku ini. Ilustrasi ini pun akan menarik perhatian konsumen untuk melihat lebih lama karena ‘kepala lampunya’. Tindak Pidana (hitam), dengan warnanya yang hitam kompoenen ini berfungsi sbg penyeimbang antara background yang terang dan merah HaKI yg mencolok, shg cover tidak menjadi ‘pucat’. Keseimbangan juga dimunculkan melalui ukuran font Tindak Pidana’ yg lebih kecil drpd HaKI. Hak atas Kekayaan Intelektual (abu-abu), ditulis sedikit lebih kecil dengan warna abu-abu agar tidak mencolok dan menjadi ‘ramai’ yang beresiko mengaburkan tujuan untuk menciptakan kesan bersih dan elegan. Punggung Buku (Merah Bata), dengan warna yang berbeda sekali dengan warna front cover, bertujuan agar front cover lebih terekspos. Warna merah yg lebih gelap dipilih dgn pertimbangan; bidang hukum dan lebih berkarakter drpd kuning atau hijau misalnya, serta menyesuaikan dgn HakI merah di depan. Background Back Cover (Merah Bata), meneruskan warna merah bata pada punggung buku hingga ke belakang, sehingga akan menjadi ‘kejutan’ saat konsumen membalikkan buku dari depan ke belakang karena mendapatkan ‘sesuatu’ yg berbeda.

Demikianlah, setiap elemen desain berkomposisi untuk menghadirkan sebuah keindahan (aesthetic) dan menciptakan sebuah kesan (impression). Bagaimana keindahan dan kesan yang Anda rasakan? Sungguh menyenangkan bila kita bisa berbagi melalui saran dan kritik yang mencerahkan.

Written by Asmaradi, A.W.

September 24, 2007 at 3:10 pm

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Sori.
    Apakah anda punya data bahwa desain cover buku itu mempengaruhi minat baca ?
    saya sedang menyusun sebuah eksperimen sekarang. data yang anda berikan tentunya sangat berguna.
    bila ada tolong kirim ke email saya di misoy@plasa.com
    atau ke joni_tunggara@yahoo.com
    thanks.

    Joni

    October 28, 2007 at 5:27 pm

  2. Mas/Pak Joni,
    Menarik sekali eksperimen yang sedang Anda susun tersebut. Sayangnya saat ini saya belum punya data seperti yang Anda maksud. Barangkali teman dan sahabat pengunjung blog ini ada yang mempunyai data tersebut, mari saling berbagi🙂
    Sekadar sharing saja, saya malah memikirkan apakah tidak lebih tepat bila dikatakan desain cover mempengaruhi minat beli buku seseorang (bukan minat baca)?
    Eh, tetapi kenapa harus diawali dengan ‘sori’?🙂
    Terima kasih kembali sudah mengunjungi dan berkenan meninggalkan ‘kata’ di blog ini.

    a. niappa

    October 31, 2007 at 1:47 pm

  3. desainnya simple+bersih, i like it🙂

    desainbuku

    October 27, 2008 at 11:11 am

  4. @desainbuku
    Thx dah mampir. Desainx Irene juga keren-keren. Desainer sekarang makin hebat aja. Mg dunia buku juga makin baik.

    a. niappa

    October 31, 2008 at 12:06 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: