niappa

Bersiap mengarungi langit ketidakterbatasan (agar hidup tetap bergairah)

Desain Buku (cat. Diklat Mobile Training)

with one comment

Sebuah desain berkaitan erat dengan sebuah tampilan (visual). Tidak jarang desain juga dilengkapi dengan suara, bahan, dan bahkan aroma serta rasa. Dengan demikian segala sesuatunya melibatkan panca indra yang dimiliki oleh manusia, termasuk indra keenam (baca: intuisi). Berdasarkan hal tersebut maka dasar pemahaman tentang desain adalah pemahaman tentang komunikasi. Pemahaman tentang komunikasi tersebut yang kemudian menjadikan sebuah desain bukan sekedar kosmetik melainkan sebuah filosofi.

Paragraf di atas adalah sebuah catatan penting tentang desain yang barangkali jarang diperhatikan oleh banyak orang. Tidak menutup mata bahwa di era sekarang banyak software grafis yang memudahkan seseorang untuk mewujudkan sebuah karya desain. Kemudian banyak orang yang dimudahkan oleh software-software tersebut lalu menyatakan dirinya sebagai graphic designer. Oops… hati-hati! Ingat bahwa komputer hanyalah sebuah alat yang memudahkan manusia bekerja dengan tuntutan globalisasi.

Sebuah desain bukanlah suatu fenomena suka-suka. Comot sana-sini, tempel, tambahkan beberapa efek grafis dan selesai. Masih ada ruang kosong? Isi saja dengan ini-itu, beres. Tidak. Sebuah desain dibuat berdasarkan konsep. Pemikiran sebuah konsep bukan merupakan sesuatu yang mudah. Konsep pula yang membuat harga sebuah desain menjadi mahal. Sehingga hati-hati dengan harga desain yang murah. Jangan-jangan hanya merupakan hasil kerja komputer. Dengan adanya konsep maka sesungguhnya seorang desainer adalah seorang konseptor.

Memang kondisi zaman menuntut orang untuk mengambil sebuah inisiatif. Kondisi zaman pula yang memunculkan desainer-desainer grafis dadakan (red: mengandalkan fasilitas komputer). Tidak ada yang salah tentang hal ini. Desain(er) adalah sebuah alternatif solusi. Konsumen desain pun beragam dan masing-masing bebas memilih.

Selamat berkarya.

informasi yang berkaitan:
PUSGRAFIN Gandeng PPGI, Gelar Training Desain Buku

Written by Asmaradi, A.W.

July 2, 2007 at 6:32 am

Posted in Desain

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. tulisan bapak bagus sekali..
    membuat saya smangat untuk menjadi designer yang mampu membuat konsep cemerlang

    putri

    January 1, 2010 at 12:04 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: