niappa

Bersiap mengarungi langit ketidakterbatasan (agar hidup tetap bergairah)

Desain (Grafis) adalah …

with 11 comments

Setiap kali mendengar kata desain, yang terlintas dalam benak seseorang pastilah sebuah karya cipta yang indah, bagus, dan menarik. Seorang gadis akan membayangkan sebuah model pakaian dengan desain yang mampu membuat dirinya tampil menarik. Sementara seorang penggemar motor akan membayangkan sebuah motor dengan modifikasi yang sporty. Setiap orang akan mempunyai imajinasi yang berbeda terhadap sebuah kata desain.Sekarang coba kita perhatikan benda-benda yang ada di sekitar kita. Pakaian, sepatu, tas, jam tangan, handphone, dan masih banyak lagi. Perhatikan dengan lebih seksama dari biasanya, saat kita menggunakannya. Beragam sekali bentuk dan fasilitas atau kegunaannya. Mengapa sebuah benda yang sama fungsinya (misalnya handphone), bisa memiliki desain yang berbeda? Kembali pada imajinasi; setiap orang mempunyai imajinasi yang berbeda walaupun untuk satu jenis benda yang sama. Imajinasi-lah yang kemudian mempengaruhi proses kreatif seseorang dalam berkarya cipta sampai menghasilkan sebuah desain.

Dengan demikian pengertian desain berdasarkan uraian di atas adalah sebuah hasil akhir dari rangkaian proses kreatif seseorang. Sedangkan kreativitas adalah sesuatu yang tidak bisa muncul dengan sendirinya, melainkan harus melalui latihan dan selalu diasah. Sebagian orang memang dibekali dengan bakat alamiah dalam bidang desain. Nah, bagi sebagian lagi yang tidak memiliki bakat alamiah di bidang desain, latihan dan latihan adalah salah satu kuncinya.

Desain Grafis

Ketika sebuah desain ‘berbicara’ tentang bangunan maka yang ‘berbicara’ adalah arsitektur (desain bangunan). Saat sebuah desain ‘menceritakan’ keindahan sebuah taman maka yang ‘berbicara’ adalah desain lansekap. Giliran sebuah desain yang menampilkan bentukan-bentukan furniture, telepon, gelas dan sebagainya maka desain produklah yang ‘berbicara’. Demikian pula saat seseorang melihat sebuah poster, sampul buku, sampul CD, iklan, brosur dan multimedia maka desain grafislah yang ‘berbicara’.

Mengenai desain grafis, seperti yang diuraikan dalam wikipedia, pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang (desainer) untuk melihat efek dari layout atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.

Pada umumnya komputer dianggap sebagai alat yang sangat diperlukan dalam industri desain grafis. Komputer dan aplikasi perangkat lunak umumnya dipandang, oleh para profesional kreatif, sebagai alat produksi yang lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan metode tradisional.

Sebagai sebuah alat produksi, komputer berfungsi sebagai sarana yang mempermudah seorang desainer untuk mewujudkan ide-ide kreatifnya ke dalam bahasa gambar (visual). Desain grafis dalam pengertiannya sebagai sebuah bahasa visual merupakan sebuah komposisi dari ilustrasi (image), tipografi, dan warna. Jadi bisa dikatakan bahwa proses desain grafis adalah menciptakan, mengolah, dan mengatur peletakan, ukuran, dan tampilan dari ketiga elemen tersebut sehingga menghasilkan suatu komposisi visual yang mampu berkomunikasi secara verbal dengan orang yang melihatnya.

Masih ingat iklan dua produsen rokok yang sama-sama menawarkan produk rasa mint-nya? Iklan yang pertama menampilkan seekor naga, sementara iklan yang kedua diwakili oleh selembar daun.

Produk yang pertama menampilkan animasi seekor naga yang ketika menghembuskan nafasnya keras-keras segala sesuatu di sekitarnya mendadak menjadi beku karena hawa dingin yang dikeluarkannya. Biasanya seekor naga akan mengeluarkan semburan api yang mampu menghanguskan segala sesuatu karena demikian hebat dan besarnya api tersebut. Nah, dalam iklan ini naga dan es ‘berbicara’ tentang bagaimana dinginnya rasa rokok tersebut sampai-sampai seekor naga yang telah mengkonsumsi rokok dengan rasa mint tersebut tidak lagi mengeluarkan api melainkan tiupan hawa dingin yang membekukan. Kemudian dalam iklan cetaknya, produk ini cukup menampilkan kotak kecil es yang membeku. Mengamati iklan tersebut terbayang bagaimana dinginnya rasa mint dari rokok tersebut.

Produk rokok yang kedua mempunyai slogan yang kurang lebih berbunyi ‘… 100% Menthol Alam!’. Menthol adalah nama sejenis dedaunan yang menghasilkan rasa mint. Dalam iklannya tampak panorama pepohonan yang rimbun, kemudian disusul dengan animasi sehelai daun menthol yang terjatuh karena hembusan angin. Panorama pepohonan yang sejuk dan asri, ditambah dengan jatuh perlahannya sehelai daun menthol ‘berbicara’ tentang unsur alam yang kuat yang dihadirkan (digunakan) dalam produknya. Seolah-olah ingin mengatakan bahwa produknya tidak mengandung bahan-bahan kimia yang membahayakan sekadar untuk memunculkan rasa mint-nya. Namun demikian melihat iklan yang kedua ini terbayang betapa alaminya bahan yang digunakan untuk menciptakan rasa mint tersebut.

Nah, ternyata menarik juga ya membicarakan desain? Bagaimana dengan Anda?

Written by Asmaradi, A.W.

October 24, 2007 at 10:48 am

Posted in Desain

Tagged with , ,

11 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. setiap kali mendengar kata “desain”, yang terlintas dalam benak saya adalah “fungsi” dan “tujuan” :) fungsi untuk mencapai tujuan. tujuan-pendek dan tujuan-panjang. tujuan-antara dan tujuan-akhir. ha, itulah yang sering kita lupakan: tujuan-akhir. sebab, tak kadang tujuan-antara terlalu memesona mata menarik hati.

    salam kenal, niappa(?).

    dz.

    October 31, 2007 at 7:40 pm

  2. Bung dz.
    Menarik sekali apa yang anda sampaikan ketka mendengar kata “desain”. Bagi saya pendapat Anda sangat general tetapi benar-benar mengena, dan saya setuju dengan fungsi dan tujuan.
    Nah, kalo saya boleh berbagi, supaya tidak lupa dengan tujuan akhir, maka sebuah desain perlu mempunyai konsep untuk mengembalikan kita pada tujuan akhir. Bagaimana?
    Rasanya demikian juga dengan kehidupan kita. Pendapat Anda benar-benar mengingatkan saya pada Sang MahaDesain. Terima kasih.

    Senang berkenalan dengan Anda. :-)

    a. niappa

    November 2, 2007 at 12:56 pm

  3. Melihat sebuah disain tak lepas bagaikan uraian kata,yang di rampung atau disimpulkan melalui sebuah gambar…
    dimana terdapat sebuah penekanan dari warna sampai ukuran.
    tetapi disain nampaknya lebih kepada estetika atau keindahaan…

    rizal

    December 26, 2008 at 8:19 pm

  4. design is worth…
    haha… masih blum bisa mendefinisikan sebuah desain :)

    lumansupra

    December 28, 2008 at 9:38 am

  5. lagi jalan-jalan siang nih… salam kenal aja.

    isdiyanto

    January 30, 2009 at 11:12 am

    • Salam kenal juga isdiyanto
      Jangan bosan jalan-jalan kesini lagi ya…

      a. niappa

      February 6, 2009 at 11:27 am

  6. Qu jadi tertarik memperdalam desain grafis. .

    jadi ingin ambil jurusan tu kalu dah kuliah . .

    ferdi

    February 3, 2009 at 12:39 pm

    • Halu Ferdi,
      Wow, calon desainer grafis dunk. Dunia desain asik ko. Jadi… Salam kreatif.

      a. niappa

      February 6, 2009 at 11:30 am

  7. hey! maaf ya definisi mu tentang desain grafis ku copy paste buat tugas sekolah TIK? do you mind? maaf ya habis maklum aku kelas 3 smp sih bisanya cuma copy paste doang. hihi maaf yaaaa dan makassssssih!

    vania

    April 6, 2009 at 7:46 pm

  8. Salam Kenal.. Saya tawarkan jasa desain dan percetakan bagi yang berminat..:)

    Jasa Desain

    August 4, 2011 at 5:21 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: